PROGRAM KERJA KKN
BIDANG PENDIDIKAN
A. Pendahuluan
Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah
satu bentuk pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa secara
interdisipliner, institusional, dan kemitraan sebagai salah satu wujud dari
tridharma perguruan tinggi. Sejalan dengan dinamika yang terjadi, baik pada
tingkat masyarakat, pemerintah daerah, pemerintah pusat maupun dunia global,
maka dewasa ini program KKN diarahkan menjadi KKN tematik berbasis pendidikan
sebagai wahana pengabdian kepada masyarakat. Program pengabdian kepada
masyarakat dipandang oleh lembaga Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan
sebagai program yang wajib dilaksanakan, baik oleh dosen maupun oleh mahasiswa,
dengan berlandaskan pada prinsip-prinsip sebagai berikut:
1. Kompetensi
akademik
2. Kewirausahaan
3. Profesional
Melalui ketiga prinsip tersebut
diharapkan dapat menghasilkan program pengabdian kepada masyarakat yang
bermutu, relevan, dan sinergis dalam meningkatkan pemberdayaan masyarakat. KKN
tematik adalah program KKN dengan fokus yang spesifik dengan cirirelevan dengan
program pembangunan daerah atau pemerintah pusat, relevan dengan kebutuhan
masyarakat, dan relevan dengan visi, misi, renstra, kepakaran, dan IPTEKS yang
dimiliki Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Program KKN tematik
berbasis pendidikan ini didasarkan kepada prinsip-prinsip pendidikan, yaitu ing ngarso sung tulodo,ing madya mangun
karso, dan tut wuri handayani.
B. Rancangan Kegiatan
Bidang pendidikan merupakan bagian
bidang kerja kegiatan Kuliah Kerja Nyata yang bertujuan mengobservasi, mendata,
membantu, dan memberikan berbagai masukan pada bidang pendidikan sesuai dengan
kondisi riil lokasi kegiatan Kuliah Kerja Nyata. Berdasarkan observasi lokasi
wilayah penelitian, maka bidang pendidikan Kuliah Kerja Nyata Sekolah Tinggi
Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Nurul Huda Sukaraja angkatan XI di desa
Mulyoharjo Kecamatan Bumi Agung Kabupaten Way Kanan merancang program pendidikan
sebagai berikut:
Tabel 1
Jenis-jenis Kegiatan Bidang Pendidikan
NO
|
BIDANG
|
JENIS KEGIATAN
|
SASARAN
|
1
|
Pendidikan Formal
|
1. Tugas pembantuan pengajaran
2. Keikutsertaan
dalam bidang ektrakurikuler
3. Keikutsertaan dalam persiapan kegiatan HUT RI ke-69
|
SD/SMP
|
2
|
Pendidikan Non Formal
|
1.
Tugas pembantuan pengajaran
2.
Pengadaan belajar tambahan (les/bimbel) tingkat
SD/SMP
|
TPA
Umum
|
3
|
Pendidikan Informal
|
Penyuluhan
program pendidikan informal bagi masyarakat
|
Masyarakat
|
4
|
Observasi Kependidikan
|
1. Pendataan tingkat pendidikan
masyarakat
2. Pendataan Jumlah Sekolah (PAUD, TK, SD /Mi, SMP / SLTP /MTs, SMA / SMK / SLTA / MA)
3. Pendataan Pesantren
4. Pendataan jumlah pendidikan non
formal berupa les atau bimbel
5. Observasi penyebab anak putus
sekolah
|
Masyarakat
Bidang
Administrasi Desa
Pendidikan
keagamaan
Masyarakat
Orang Tua
|
5
|
Perlombaan
|
1.
Cerdas cermat tingkat SD
2.
Hafalan surat-surat pendek
3.
Adzan
4.
Penyusunan RPP Kurikulum 2013
|
Umum tingkat
SD
Umum tingkat
SD
Umum tingkat
SD
Guru SD/SMP
|
C. Rancangan Pelaksanaan
1. Pendidikan
Formal
Tabel 2
Rancangan Pelaksanaan Kegiatan Pendidikan Formal
NO
|
KEGIATAN
|
SASARAN
|
WAKTU
|
PELAKSANA
|
1
|
Pembantuan
Pengajaran
|
SD/SMP
|
Bahasa
Inggris
1.
Ika Nurjanah
2.
Yesi
|
|
2
|
Ekstrakulikuler
|
SD/SMP
|
||
3
|
Persiapan kegiatan HUT RI ke-69
|
SD/SMP
|
3. Pendidikan
Non Formal
Tabel 3
Rancangan Pelaksanaan Kegiatan Pendidikan Non Formal
NO
|
KEGIATAN
|
SASARAN
|
WAKTU
|
PELAKSANA
|
1
|
Pembantuan
Pengajaran
|
TPA
|
Sesuai jadwal
kegiatan pembelajaran
|
|
2
|
Pengadaan
belajar tambahan
|
SD/SMP
|
Bahasa
Inggris
1.
Ika Nurjanah
2.
Yesi
Matematika
1
2
Bahasa
Indonesia
1
2
|
4. Pendidikan
Informal
Tabel 4
Rancangan Pelaksanaan Kegiatan Pendidikan Informal
NO
|
KEGIATAN
|
SASARAN
|
WAKTU
|
PELAKSANA
|
1
|
Penyuluhan
program pendidikan informal bagi masyarakat
|
Masyarakat
|
Kegiatan
Majlis Taklim
|
Kondisional
|
5. Observasi
Pendidikan
Tabel 5
Rancangan Pelaksanaan Kegiatan Observasi Pendidikan
NO
|
KEGIATAN
|
SASARAN
|
WAKTU
|
PELAKSANA
|
1
|
1. Pendataan tingkat pendidikan masyarakat
2. Pendataan Jumlah Sekolah (PAUD, TK, SD /Mi, SMP / SLTP /MTs, SMA / SMK / SLTA / MA)
3. Pendataan Pesantren
4. Pendataan jumlah pendidikan non
formal berupa les atau bimbel
5. Observasi penyebab anak putus
sekolah
|
Masyarakat
Bidang
Administrasi Desa
Pendidikan
keagamaan
Masyarakat
Orang Tua
|
6. Perlombaan
Tabel 6
Rancangan Pelaksanaan Kegiatan Perlomaban Pendidikan
NO
|
KEGIATAN
|
SASARAN
|
WAKTU
|
PELAKSANA
|
1
|
1.
Cerdas cermat tingkat SD
2.
Hafalan surat-surat pendek
3.
Adzan
6. Penyusunan RPP
Kurikulum 2013
|
Umum tingkat
SD
Umum tingkat
SD
Umum tingkat
SD
Guru SD/SMP
|
Ika Nurjanah
(CO)
Yesi
All Team
Muhlisin (CO)
All Team
Muhlisin (CO)
All Team
Ika Nurjanah
(CO)
Yesi
All Team
|
D. Rancangan Anggaran
Tabel 7
Anggaran Bidang Pendidikan
NO
|
Perkiraan
|
Anggaran
|
Total
|
1
|
Foto Copy Pendataan dan Observasi
|
50.000
|
50.000
|
2
|
Pengadaan Hadiah
1. Cerdas Cermat
2. Hafalan Surat Pendek
3. Adzan
4. Penyusunan RPP 2013
|
||
3
|
Spidol
|
||
4
|
Karton/Papan Tulis Mini
|
||
5
|
Lain-lain
|
||
Total
|
E. Penutup
Demikian program kerja bidang pendidikan
Kuliah Kerja Nyata Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Nurul Huda
Sukaraja Angkatan XI di desa Mulyorejo Kecamatan Bumi Agung Kabupaten Way
Kanan. Seluruh program dilaksanakan berdasarkan musyawarah seluruh anggota dan
dilaksanakan oleh seluruh anggota Kuliah Kerja Nyata.
DOKUMENTASI KEGIATAN
PENDIDIKAN FORMAL
NO
|
HARI/TANGGAL
|
KEGIATAN
|
TANDA TANGAN
|
DOKUMENTASI KEGIATAN
PENDIDIKAN NON FORMAL
NO
|
HARI/TANGGAL
|
KEGIATAN
|
TANDA TANGAN
|
DOKUMENTASI KEGIATAN
PENDIDIKAN INFORMAL
NO
|
HARI/TANGGAL
|
KEGIATAN
|
TANDA TANGAN
|
DOKUMENTASI KEGIATAN
OBSERVASI KEPENDIDIKAN
NO
|
HARI/TANGGAL
|
KEGIATAN
|
TANDA TANGAN
|
LEMBAR OBSERVASI
TINGKAT PENDIDIKAN MASYARAKAT
Hari/Tanggal :
________________________________________________
Sumber
Data :
________________________________________________
Rt/Rw : ________________________________________________
Total
Penduduk :
________________________________________________
JUMLAH PENDUDUK TINGKAT
PENDIDIKAN
|
|||||
Non Pendidikan
|
TK/PAUD
|
SD/MI
|
SMP/MTs
|
SMA/MA
|
Sarjana
|
LEMBAR OBSERVASI
TINGKAT PENDIDIKAN MASYARAKAT
Hari/Tanggal :
________________________________________________
Sumber
Data :
________________________________________________
Rt/Rw :
________________________________________________
Total
Penduduk : ________________________________________________
JUMLAH PENDUDUK TINGKAT
PENDIDIKAN
|
|||||
Non Pendidikan
|
TK/PAUD
|
SD/MI
|
SMP/MTs
|
SMA/MA
|
Sarjana
|
LEMBAR OBSERVASI JUMLAH SEKOLAH
DESA MULYOREJO
Hari/Tanggal :
________________________________________________
Sumber
Data :
________________________________________________
No
|
Tingkat
|
Nama
|
Status
|
Tahun Berdiri
|
Jumlah Guru
|
Jumlah Siswa
|
Kepala Sekolah
|
1
|
PAUD
|
||||||
2
|
TK
|
||||||
3
|
SD/MI
|
||||||
4
|
SMP/MTs
|
||||||
5
|
SMA/MA
|
||||||
6
|
PT
|
||||||
7
|
Pesantren
|
||||||
8
|
TPA
|
PEDOMAN
WAWANCARA
PENYEBAB
TERJADINYA PUTUS SEKOLAH
Hari/Tanggal :
________________________________________________
Nama
Responden : ________________________________________________
Umur :
________________________________________________
Pekerjaan :
________________________________________________
1. Bagaimana
tanggapan bapak/ibu terhadap arti penting pendidikan bagi anak?
2. Berapa
jumlah putra-putri bapak/ibu?
3. Apakah
putra-putri bapak/ibu semuanya memperoleh pendidikan/bersekolah?
4. Apakah
ada putra-putri bapak/ibu yang mengalami putus sekolah?
5. Tolong
ceritakan penyebab putra-putri bapak/ibu mengalami putus sekolah?
6. Apa
harapan terhadap pendidikan putra-putri bapak/ibu di masa mendatang?
PEDOMAN
WAWANCARA
MINAT
MENYEKOLAHKAN ANAK KE PERGURUAN TINGGI
Hari/Tanggal :
________________________________________________
Nama
Responden : ________________________________________________
Umur :
________________________________________________
Pekerjaan :
________________________________________________
1. Apakah
bapak/ibu memiliki putra-putri lulusan SMA/MA?
2. Apakah
putra-putri bapak/ibu dapat melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi?
3. Apakah
menurut bapak/ibu sekolah sampai di perguruan tinggi itu penting?
4. Apakah
bapak/ibu memiliki keinginan untuk dapat melanjutkan pendidikan ke perguruan
tinggi?
5. Perguruan
tinggi bagaimana yang bapak/ibu inginkan untuk dapat ditempuh oleh putra-putri
bapak/ibu?
6. Apakah
bapak/ibu memiliki minat dapat menyekolahkan putra-putri di perguruan tinggi
jurusan keguruan seperti STKIP Nurul Huda Sukaraja?
7. Bagaimana
tanggapan bapak/ibu terhadap perguruan tinggi berbasis keagamaan seperti STKIP
Nurul Huda Sukaraja?
PROGRAM
KERJA BIDANG PENDIDIKAN KULIAH KERJA NYATA (KKN) DI DESA
MULYOHARJO KECAMATAN
BUMI
AGUNG KABUPATEN WAY KANAN
SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (STKIP) NURUL
HUDA SUKARAJA BUAY MADANG
OKU TIMUR
2014
Playtech Casino Review - Get €1000 Welcome Bonus
BalasHapusPlaytech Casino is the 메리트 카지노 주소 gambling site that's most popular among 바카라 gamblers due to the unique feature 인카지노 of its innovative game play. It's